Punya Rumah Tapi Nyicil, Numpuk Utang atau Numpuk Untung?



"Maksain banget lu tong, segala rumah di kredit-kredit.
Gaji lu abis buat bayar kpr sama makan doang dah itu, cuma bikin engap perekonomian sehari-hari.
numpuk utang aje elu mah..."

Kata temen saya, waktu dia tau kalau saya sedang proses mengajukan KPR. Ya saya terima aja omongannya. Biarinlah omongan orang gimana, setidaknya bikin bikin saya punya kebiasaan baru, yaitu berhemat.

Buat yang belum ngerti kenapa saya  ngambil KPR, mungkin memang terkesan memaksakan diri, karena mau berhutang pada bank dalam jumlah yang lumayan besar. Buat saya, KPR memang membuat kita memiliki hutang pada bank, tapi KPR juga menjadi solusi buat saya yang mau punya rumah cepet dan gak ngontrak lagi. Kasihan sama anak kalo harus pindah-pindah kontrakan gan. temennya ganti terus, perlu adaptasi pula sama lingkungan barunya.

Pertanyaannya :  Punya Rumah Tapi Nyicil, Numpuk Utang atau Numpuk Untung?
Punya Rumah Tapi Nyicil, Numpuk Utang atau Numpuk Untung?
Punya Rumah Tapi Nyicil, Numpuk Utang atau Numpuk Untung?

Punya rumah dengan KPR itu membuat kita berutang, bukan menumpuk utang. Ada perbedaannya gan. Menumpuk utang itu kalau kayak kita punya utang di warung sembako, sekali utang, terus utang lagi, terus utang lagi, terus utang lagi... gitu aja terus sampe ketemu gajian dan dibayar. Kalau KPR, ya kita punya hutang trus kita bayar, bayarnya nyicil.

Numpuk Untung? Untung darimana? wong tiap bulan kudu bayar cicilan kok.
Eh, bener gak sih kalau kita gak dapet untung?  

Buat saya, Saat ngambil KPR, ada beberapa keuntungan yang bisa saya dapetin,yaitu:

Bisa punya rumah duluan, tanpa harus punya dana tunai sejumlah harga rumah

Ya kan? Namanya juga biar cepet punya rumah dan bisa di tempatin. Ini jadi alternatif buat saya, daripada nunggu tabungan ngumpul yang pastinya butuh waktu yang lama. Iya kalo tabungannya ngumpul, kalo gak, ya gak jadi-jadi deh punya rumahnya. 

Punya keuntungan pasif, karena harga rumah gak akan turun

Misalnya kamu nyicil rumah seharga 300Jt sselama 10 tahun. Nah, 10 tahun yang akan datang, setelah cicilan lunas, udah berapa tuh harga rumahnya?! Harga rumah kan naik tiap tahunnya. Jadi coba aja kamu hitung kalo nabung buat beli rumah secara tunai, hari ini harganya 300jt, uang agan baru akan ngumpul sebanyak 300jt itu di 10 tahun yang akan datang. nah, udah gak dapet tuh harga segitu dengan rumah yang agan mau dulu. abisnya kelamaan nabung,he..

Punya rumah pake KPR itu investasi jangka panjang

Setuju dong kalau rumah itu investasi jangka panjang. Apalagi pake KPR, cicilannya juga panjang

Karena saya sendiri sudah ngalamin gan, ngalamin ngontrak, hidup pindah kalo yang punya kontrakan gak mau diperpanjang rumah kontrakannya. Apalagi kalo udah berkeluarga, repotnya ampun deh. Sampe akhirnya saya punya DP dan cicil KPR.

Hidup hemat dan konsisten nabung, nyari lokasi rumah yang sesuai, pengembang yang bagus, dan KPR yang cocok sama saya. Karena cicilan KPR jangka panjang, kita kudu pinter-pinter nyari bank yang punya penawaran yang bagus.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/5718b54754c07acb508b4569/punya-rumah-tapi-nyicil-numpuk-utang-atau-numpuk-untung/

Subscribe to receive free email updates: